Sabtu, 30 Juli 2011

Ayo Jaga Kebersihan Kelas

Sulit deh kalau mau bilang bahwa kebersihan kelas tidak memicu semangat belajar. Kita juga nggak bisa membantah kalau ada yang bilang, kelas yang bersih membuat suasana belajar dan mengajar jadi nyaman dan kondusif.
Banyak hal yang bisa ditempuh agar kelas tempat kita  belajar tetap bersih dan nyaman. Mulai dari membiasakan diri menjaga kebersihan, seperti tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan sepatu sebelum masuk kelas, menyapu kelas secara rutin dan cara lain.
Cara yang paling umum dan populer, dari zaman dulu hingga kini adalah membersihkan kelas sendiri. Ya, para siswalah yang membersihkan kelasnya agar suasana kelas nyaman dan membuat belajar semakin semangat.
Bagaimana jalannya praktik kebersihan kelas dan menjaganya agar tetap berjalan pada jalur yang benar? Maka dibentuklah jadwal piket di setiap kelas.
Bisa dibilang, jadwal piket di sekolah jadi syarat sah sebuah kelas. Ya, seluruh sekolah para sobat Xpresi (sobeX) punya jadwal piket tetap (100 persen), yang mengatur bersih-bersih kelas.
Melalui jadwal piket ini, para relawan cleaning services mingguan ini diberikan berbagai macam tugas guna menjaga kebersihan kelas.
Apapun namanya, para tukang bersih-bersih ini memiliki tugas utama untuk membuat kelas jadi nyaman dan menjaga kelas agar bersih selalu, entah itu dengan cara menyapu kelas ataupun mengepelnya (92 persen) serta tugas lainnya.
Tapi yang pastinya, tujuan utama tugas piket untuk membuat kelas nyaman (40 persen), menjaga kelas agar bersih selalu (60 persen).
Apa semua siswa mematuhi jadwal piket kelasnya ya? Hmmm…sebagian besar sobeX (60 persen) juga pernah melakukannya dengan berbagai alasan. Dan, 28 persen justru melakukannya jarang-jarang alias beberapakali. Hanya 12 persen saja yang selalu mematuhi jadwal piket.
Setiap peraturan yang dilanggar, tentu ada konsekuensinya. Sanksipun wajib diterima bila melanggarnya. Coz, yang namanya peraturan harus dilaksanakan. Begitu juga bila tidak melaksanakan tugas piket kelas, wajib terima hukumannya.
Mulai dari dimarahi guru/wali kelas (28 persen), dihukum (52 persen) dan dikasih peringatan (20 persen).
Soal kebersihan kelas, salah satu sobat Xpresi kita, Yuliani, siswi SMA Methodis 2 Medan, sepakat banget kalau kelas tuh harus bersih biar belajarnya nyaman. Coz, di sekolahnya sendiri, kebersihan paling diutamakan. Makanya, doski bilang, tugas piket di kelas tuh penting banget.
“Lingkungan bersih tuh pasti membuat kita nyaman. Kalau lingkungan sekolah bersih, pasti belajar jadi nyaman. Makanya di skul kami ada tugas piket kelas. Nah, kalau ngggak ngelaksanain jadwal piket, langsung diberi sanksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar